Skip to main content

SINAR UV VS LAPISAN OZON


Tuhan telah menciptakan bumi dan segala isinya dengan baik dan teliti, makhluk hidup dapat hidup dengan baik karena adanya segala fasilitas-fasilitas yang telah disediakan oleh Tuhan. Didalam kehidupan sehari-hari semua makhluk hidup dari hewan,tumbuh-tumbuhan, sampai manusi memerlukan energi untuk hidup, dimana salah satu energi yang didapat oleh semua makhluk hidup itu adalah sinar matahari. Sinar matahari dibutuhkan untuk kelangsungan hidup semua makhluk disamping fungsinya untuk menyinari/menerangi seluruh bumi ini. Disamping semua manfaat yang ada tentang sinar matahari namun dalam beberapa koridor ada efek buruknya juga bagi makhluk hidup.dimana didalam sinar matahari terdapat beberapa jenis sinar yang mana dari masing-masing jenis sinar tersebut mempunyai efek yang berbeda-beda terhadap kehidupan makhluk hidup salah satunya adalah sinar UV.

Matahari yang menyinari bumi kita dengan sinarnya tidak hanya menyinari tapi juga memberikan panas kepada bumi dengan sinarnya. Matahari menghasilkan sinar yang disebut Sinar Ultra Violet (UV).Siniar UV ada tiga golongan yaitu UV-A (Gelombang Panjang atau blacklight), UVB (Gelombang Medium), dan UVC (Gelombang Pendek atau Short Wave).
Manfaat Sinar UV
Sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan antara lain :

- Membantu pembentukan vitamin D yang dibutuhkan oleh tulang.

- Dalam dunia kesehatan digunakan sebagai seterilisator untuk alat-alat kesehatan dan seterilisasi ruangan operasi.

- Membunuh bakteri-bakteri patogen pada air minum.
Bahaya Sinar UV
Selain memiliki manfaat Sinar UV juga mempunyai Bahaya adalah :

- Radiasi sinar UV pada mata akan menyebabkan terjadianya reaksi oksidasi pada lensa mata yang akan menimbulkan kekeruhan pada lensa sehingga timbullah penyakit yang disebut katarak, juga kerusakan pada kornea dan retina.

- Sinar UV juga bisa membuat kulit tidak mulus karena menebal atau menipis. Bisa juga muncul benjolan-benjolan kecil yang ukurannya bervariasi. Benjolan-benjolan atau flek pada kulit bisa berkembang menjadi tumor jinak bahkan kanker kulit.

Bumi yang kita tinggali mempunyai tameng pelindung dari sinar UV sehingga tidak langsung masuk kebumi kalau tidak ada tameng tersebut bumi akan menjadi sangat panas dan tidak ada makhluk hidup yang mampu hidup di bumi. Tameng tersebut dinmakan Lapisan OZON. Apa itu lapisan Ozon?
Lapisan ozon adalah lapisan di atmosfer pada ketinggian 19 - 48 km (12 - 30 mil) di atas permukaan Bumi yang mengandung molekul-molekul ozon. Konsentrasi ozon di lapisan ini mencapai 10 ppm dan terbentuk akibat pengaruh sinar ultraviolet Matahari terhadap molekul-molekul oksigen. Peristiwa ini telah terjadi sejak berjuta-juta tahun silam. Ozon sendiri adalah molekul gas alami yang mudah larut dalam air dan tidak beracun. Di alam, ozon ditemukan di lapisan luar dari atmosfir dan berfungsi sebagai tameng terhadap radiasi ultra violet sinar matahari yang dapat menyebabkan penyakit kanker kulit. Di permukaan bumi ozon dikenali dengan aroma segar antiseptik yang muncul setelah hujan guntur. Ozon-lah yang menimbulkan perasaan santai karena menghirup udara segar dan bersih di sekitar air terjun dan di pantai berombak.
Manfaat Ozon adalah :

- Dalam hal desinfeksi / sterilisasi air, teknologi Ozon paling unggul dan sangat efektif.

- Ozon dapat menghancurkan kuman, bakteri, virus, jamur, spora, kista, lumut dan zat organik lainnya.

- Penetralisir zat inorganik / mineral yang berlebihan / beracun. Penggunaan Ozon tidak menghasilkan zat sisa yang membahayakan kesehatan.

- Bahkan dapat menambah kadar oksigen dalam air sehingga lebih segar dan sehat.
Bahaya Ozon,

Walaupun ozon (O3) pada atmosfir teratas melindungi Bumi dari sinar ultraviolet yang berbahaya, ozon yang mendekati permukaan tanah merupakan sebuah masalah yang semakin serius karena ozon merupakan oksidan potensial dan berkontribusi bagi kabut asap fotokimia. Selama bulan-bulan musim panas, level ozon bisa menjadi semakin rendah, memperburuk kondisi-kondisi seperti asma pada orang-orang yang rentan. Ini juga dianggap mengganggu fotosintesis dan telah dibuktikan menghambat pertumbuhan beberapa tanaman pangan.

Pemanasan Global atau lebih dikenal Global Warming sekarang sudah benar-benar terjadi terbukti dengan berbagai fenomena-fenomena alam yang akhir-akhir ini terjadi disekitar kita. Diantaranya naiknya suhu bumi,efek rumah kaca,perubahan iklim,mencairnya es dikutub,penipisan lapisan ozon bahkan sudah sampai terdapat lubang dilapisan ozon sebesar benua Australia,dan masih banyak lagi fenomena yang terjadi dikarenakan Pemanasan Global.

Pertanyaannya kemudian kenapa lapisan ozon menipis?, “ Menipisnya lapisan ozon menyebabkan meningkatnya radiasi ultraviolet matahari terutama UV-B yang mampu mencapai permukaan bumi”. Dari data dan pengamatan kondisi ozon di atmosfir kondisi dari bulan Oktober 1980 sampai dengan Oktober 1991 kondisi lubang pada lapisan ozon makin memprihatinkan dan makin membesar, hampir sebesar benua Australia. Kondisi terbaru memang sudah lebih baik menurut data per – 9 September 2011 minimum 164 DU terletak di lokasi 76 derajat selatan dan 108 derajat sebelah barat dengan luas sekitar 18.12 million km2 dan kehilangan partikel ozon sebesar 8.14 megatron. Dari foto satelit lubang ozon di kutub utara masih terlihat terjadi penipisan. penipisan itu berada di sekitar Rusia dan Skandinivia, selain yang juga terlihat di Australia.

Lapisan Ozon di stratosfer menyerap radiasi ultra-violet yang berbahaya dari matahari. Dengan bertambahnya bahan kimia buatan manusia yang mengandung senyawa khlorin dan bromin, adalah zat-zat yuang merusak molekul ozon pada lapisan ini. Teori pertama yang mendukung CFC sebagai perusak lapisan ozon di stratosfer dikemukakan pada tahun 1974 oleh Sherwood Rowland dan rekannya Mario Molina dari Universitas California.

Data ilmiah telah menunjukan bahwa terlepasnya bahan-bahan kimia buatan manusia, seperti CFC, Halon, Metil Bromida, dan bahan perusak ozon lain ke udara dapat menyebabkan rusaknya lapisan pelindung bumi di lapisan stratosfir. Berjuta-juta molekul ozon mengalami kerusakan setiap menitnya, sehingga menyebabkan peningkatan intensitas sinar UV-B berbahaya yang sampai ke permukaan bumi. Apabila manusia terpapar oleh sinar ini, maka akan mempunyai resiko tinggi untuk terjangkit kanker kulit, katarak mata, dan menurunnya ketahanan tubuh. Dengan cara yang sama sinar UV akan menurunkan produktifitas pertanian, merusak rantai makanan di laut, dan merusak bahan-bahan seperti plastik dan sebagainya.

Kepedulian industri, pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan masyarakat umum sangat diharapkan untuk mengambil tindakan dalam menghadapi kecenderungan meningkatnya bahaya tersebut, dengan cara mengurangi dan menghapuskan penggunaan Bahan Perusak ozon tersebut.

Bumi milik kita yang telah dianugerahkan dari tuhan selayaknya kita jaga dan melestarihan bumi kita agar anak cucu kita masih dapat hidup nyaman di bumi ini. ( Muslim Budi Prasetyo)





Sumber :






6. http://acehpedia.org/Proses_Kerusakan_Lapisan_Ozon


Comments

Popular posts from this blog

Macam - macam Tang (Pliers)

Macam-macam Tang atau Pliers Alat perkakas atau handtool satu ini sudah tidak asing lagi baik orang bengkel atau bahkan orang yang dirumahpun pasti pernah menggunakan tang. Tang ( plier ) adalah alat yang terdapat 2 penjepit ( jaws ) pada ujungnya yang berfungsi sebagai penjepit suatu benda, bisa juga digunakan untuk memotong atau membentuk kawat atau plat yang tipis ( bending ). Pliers terbagi dalam berbagai jenis dan bentuk sesuai dengan fungsinya masing-masing, beberapa diantaranya adalah: 1. Combination pliers Jenis ini pada bagian rahang atau jaw -nya dapat diatur sesuai dengan  dimensi benda (sampai batas tertentu). Alat ini bisa digunakan untuk menjepit benda dan bisa juga untuk memotong kawat.                         2. Diagonal cutting pliers Pada bagian jaw jenis ini terdapat sisi potong yang sangat berguna untuk memotong kawat-kawat baja ataupun plat-plat tipis. 3. Long-round nose pliers Jenis ini mempunyai bentuk jaw yang memanjang dan t

Mencari nilai P diketahui G dan mencari A diketahui G

Dalam mata kuliah Ekonomi Teknik maka kita akan diajarkan untuk menghitung nilai uang untuk masa sekarang atau masa yang akan datang, metode penghitungannyapun beragam salah satunya yang akan kita bahas dibawah ini A. Hubungan antara P dengan G Dalam metode ini kita dapat menghitung nilai sekarang dari sebuah investasi dengan adanya cash flow baik benefit ataupun cost yang akan didapat dikemudian tahun selama masa investasi tersebut dilakukan.  Untuk dapat memahaminya lebih baik langsung saja kami berikan contoh soalnya. 1. Pabrik kaleng berhasil menjual produknya mencapai 45 0 juta rupiah per tahun, ke depan direncanakan kenaikan penjualan kaleng rata-rata akan mencapai 25 juta rupiah per tahun. Jika suku bunga berjalan rata-rata 5% /tahun, hitunglah nilai ekuivalen Presentnya (P) ditahun ke-10 ? Jawab : Diketahui : A = 450 Juta G = 25 Juta I = 10% n = 5 ditanya : P = ? penyelasaian : P = P1 + P2    = A (P

Sejarah Kaleng Sebagai Teknologi Pengemasan Makanan

Jika kita berbelanja diswalayan atau supermarket bahkan warung-warung pasti kita akan menemukan makanan atau minuman yang tersedia dalam kemasan  kaleng. Mulai dari berbagai macam minuman seperti minuman berkarbonasi, minuman isotonik, minuman penambah energi, kopi, susu, sampai minuman beralkohol semua dikemas dalam kemasan kaleng. Tidak hanya minuman saja yang dikemas dengan kaleng namun ada juga makanan yang dikemas dengan kaleng seperti permen, kreripik, kue, sarden, tuna, kornet dan masih banyak lagi yang lain seperti semprotan pembasmi serangga, cairan-cairan kimia juga ada yang dikemas dengan kaleng. Sejarah ditemukannya kaleng sebagai wadah atau tempat penyimpanan makanan itu dimulai dari kekalahan bala tentara Kaisar Napoleon dalam revolusi Perancis pada tahun 1795, yang mana kekalahan yang terjadi diakibatkan karena kekurangan bahan makanan atau makanan yang layak untuk dikonsumsi. Dulu persediaan bahan makanan para tentara hanya disimpan dalam karung dan peti y