Skip to main content

Belajar AutoCAD Sambil Belajar Nyari Duit





   Universitas sekarang ini banyak menawarkan berbagai macam jurusan atau bidang studi yang dapat dipilih sesuai dengan minat para calon mahasiswa. Pemilihan jurusan atau bidang studi adalah tahap penting yang nantinya akan menentukan masa depan kita. oleh karena itu pikirkan baik-baik sebelum memutuskanya. Pilihlah suatu jurusan atas keinginan kita sendiri, bukan karena pengaruh teman-teman atau orang lain. Jangan sampai di kemudian hari kita menyesal telah memilih suatu jurusan dan pada akhirnya kalian menyia-nyiakan waktu karena berpindah-pindah jurusan atau bahkan beresiko fail dan di drop out dari universitas.

   Banyaknya bidang studi yang bisa dipelajari para mahasiswa ternyata tak hanya menjadi bekal mereka untuk mencari lapangan kerja setelah selesai kuliah, namun juga menjadi salah satu modal untuk menciptakan peluang bisnis sampingan di sela-sela kesibukan mereka menuntut ilmu di bangku perkuliahan. Apapun bidang studi yang dipilih pasti dapat dijadikan dasar dalam pembuatan sebuah usaha oleh para mahasiswa. Sebagai pekerjaan sampingan namun dapat menjadi pemasukan tersendiri untuk para mahasiswa.

   Kesesuaikan usaha yang akan digeluti dengan bidang studi yang sedang dibelajari akan menunjang usaha tersebut dalam segala aspek. Karena Ilmu dan pengetahuan yang sudah diperoleh pada saat kuliah dapat langsung diimplementasikan kedalam usaha yang sedang digeluti itu. Maka mata kuliah yang diajarkan dapat menjadi dasar untuk pengembangan usaha guna mencapa keuntungan yang lebih.

   Semisalnya bidang studi teknik mesin, dalam teknik mesin pasti mendapat mata kuliah gambar teknik. Biasanya pembelajaran gambar teknik menggunkan 2 metode. Metode yang pertama adalah gambar manual dan menggambatr dengan menggunakan suatu software. Usaha yang dapat dilakukan adalah menerima orderan gambar entah itu gambar kerja part mesin maupun gambar arsitektur rumah atau sebagainya. Jadi ilmu gambar teknik yang didapat langsung diterapkan kedalam usaha tersebut.

   Software yang digunakan untuk menggambar teknik dewasa ini sangat banyak sekali dari yang gratisan sampai yang harus bayar lisensinya terlebih dahulu. Misalnya, yang umum kita kenal adalah AutoCAD. Software ini adalah sofware andalannya Autodesk. Ada lagi software lain antara lain Solidworks, Delcam, NX atau UG, SketchUp dan masih banyak lagi software – software lainnya.

   AutoCAD adalah sebuah program CAD yang dikeluarkan oleh Autodesk, sebuah Perusahaan pembuat software desain dari Amerika. CAD kependekan dari Computer Aided Design adalah Program untuk merancang atau menggambar teknik menggunakan komputer dengan tujuan untuk menghasilkan output rancangan yang memiliki tingkat akurasi tinggi dan dirancang dalam waktu yang singkat.

  Salah satu software CAD yang paling banyak digunakan oleh Perusahaan maupun perorangan baik di bidang arsitektur, teknik mesin maupun bidang teknik lainnya adalah AutoCAD. AutoCAD merupakan program yang bersifat umum yang menawarkan berbagai kemudahan dalam menggambar, baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. Semua kelemahan menggambar teknik secara manual dapat teratasi dengan AutoCAD.

  Usaha jasa penggambaran dengan AutoCAD ini sangatlah menjanjikan karena pada jaman informasi yang sudah canggih seperti saat ini diperlukan proses gambar kerja yang cepat dan hasilnya mudah dimengerti agar dapat dibuat atau dimanufacture dengan cepat dan tepat. Banyak instansi-instansi yang tidak mau repot dalam menggambar design produknya mereka melimpahkannya kepada drafter-drafter dengan memberi imbalan untuk setiap gambar yang jadi dibuat.

   Usaha ini dapat dikerjakan pada waktu senggang setelah pulang kuliah atau pada saat tidak ada dosen, dari pada nganggur lebih baik mengerjakan usaha sampingan ini yang sangat menjanjikan. Uang hasil usaha ini dapat untuk membayar kuliah atau buat keperluan lainnya.

Muslim Budi Prasetyo





Sumber :


Comments

Popular posts from this blog

Macam - macam Tang (Pliers)

Macam-macam Tang atau Pliers Alat perkakas atau handtool satu ini sudah tidak asing lagi baik orang bengkel atau bahkan orang yang dirumahpun pasti pernah menggunakan tang. Tang ( plier ) adalah alat yang terdapat 2 penjepit ( jaws ) pada ujungnya yang berfungsi sebagai penjepit suatu benda, bisa juga digunakan untuk memotong atau membentuk kawat atau plat yang tipis ( bending ). Pliers terbagi dalam berbagai jenis dan bentuk sesuai dengan fungsinya masing-masing, beberapa diantaranya adalah: 1. Combination pliers Jenis ini pada bagian rahang atau jaw -nya dapat diatur sesuai dengan  dimensi benda (sampai batas tertentu). Alat ini bisa digunakan untuk menjepit benda dan bisa juga untuk memotong kawat.                         2. Diagonal cutting pliers Pada bagian jaw jenis ini terdapat sisi potong yang sangat berguna untuk memotong kawat-kawat baja ataupun plat-plat tipis. 3. Long-round nose pliers Jenis ini mempunyai bentuk jaw yang memanjang dan t

Mencari nilai P diketahui G dan mencari A diketahui G

Dalam mata kuliah Ekonomi Teknik maka kita akan diajarkan untuk menghitung nilai uang untuk masa sekarang atau masa yang akan datang, metode penghitungannyapun beragam salah satunya yang akan kita bahas dibawah ini A. Hubungan antara P dengan G Dalam metode ini kita dapat menghitung nilai sekarang dari sebuah investasi dengan adanya cash flow baik benefit ataupun cost yang akan didapat dikemudian tahun selama masa investasi tersebut dilakukan.  Untuk dapat memahaminya lebih baik langsung saja kami berikan contoh soalnya. 1. Pabrik kaleng berhasil menjual produknya mencapai 45 0 juta rupiah per tahun, ke depan direncanakan kenaikan penjualan kaleng rata-rata akan mencapai 25 juta rupiah per tahun. Jika suku bunga berjalan rata-rata 5% /tahun, hitunglah nilai ekuivalen Presentnya (P) ditahun ke-10 ? Jawab : Diketahui : A = 450 Juta G = 25 Juta I = 10% n = 5 ditanya : P = ? penyelasaian : P = P1 + P2    = A (P

Sejarah Kaleng Sebagai Teknologi Pengemasan Makanan

Jika kita berbelanja diswalayan atau supermarket bahkan warung-warung pasti kita akan menemukan makanan atau minuman yang tersedia dalam kemasan  kaleng. Mulai dari berbagai macam minuman seperti minuman berkarbonasi, minuman isotonik, minuman penambah energi, kopi, susu, sampai minuman beralkohol semua dikemas dalam kemasan kaleng. Tidak hanya minuman saja yang dikemas dengan kaleng namun ada juga makanan yang dikemas dengan kaleng seperti permen, kreripik, kue, sarden, tuna, kornet dan masih banyak lagi yang lain seperti semprotan pembasmi serangga, cairan-cairan kimia juga ada yang dikemas dengan kaleng. Sejarah ditemukannya kaleng sebagai wadah atau tempat penyimpanan makanan itu dimulai dari kekalahan bala tentara Kaisar Napoleon dalam revolusi Perancis pada tahun 1795, yang mana kekalahan yang terjadi diakibatkan karena kekurangan bahan makanan atau makanan yang layak untuk dikonsumsi. Dulu persediaan bahan makanan para tentara hanya disimpan dalam karung dan peti y